01 November 2007

sabar & ihklas


sabar dan ihklas, itulah dua hal yang paling hakiki yang dimiliki setiap manusia, dua hal itu merupakan barang berharga yang kita miliki. nah sekarang bagaimana caranya kita untuk sabar dan Ihklas ???

Sabar
Sabar merupakan kunci kedekatan kita kepada Allah, dalam surat Al Baqarah ayat 153 Allah SWT berfirman "Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) salat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar". dan pernyataan  "sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar" diulang lagi oleh Allah pada surat An Anfal ayat 46.

Sabar dapat diartikan upaya kita secara sungguh-sungguh untuk terus berada dijalan Allah. Allah memberikan berbagai bentuk ujian kepada kita, nah salah satu implementasi dari sabar adalah bagaimana kita menghadapi ujian tersebut dengan berprasangka baik kepada Allah. berprasangka baik bahwa pasti ada sesuatu hal yang niscaya bermanfaat untuk kita.

jika kita sedang ditimpa musibah, janganlah terlalu mendramatisir keadaan misalkan sebagai seorang yang paling "apes" sedunia. ingat banyak orang yang lebih sengsara dari kita "diatas langit masih ada langit". jadi janganlah berkeluh kesah atas takdir yang kita terima, jika hari ini kita nga' makan di lestoran,lebih banyak saudara-saudara kita yang nga' makan selama satu minggu. Jika kita masih ngontrak jangan ngeluh, banyak saudara kita yang tinggal dikolong jembatan. tapi, bukan berarati kita merasa puas dengan penderitaan orang lain dan menjadikannya olok-olok. jadikan itu sebagai sarana tafakur agar kita bisa bersyukur atas nikmat yang Allah berikan. Apa yang sudah kita usahakan adalah wujud Ikhtiar kita sedangkan bersyukur atas segala hasil yang diperoleh adalah wujud dari sabar.

Ihklas

Ihklas itu mudah diucapkan tapi susah dijalani. Ihklas bisa diartikan bersih dari segala maksud-maksud pribadi, bersih dari segala ambisi, riya, dan hal-hal yang tidak disukai Allah.

Orang yang Ihklas biasanya orang yang berkarakter kuat dan tidak mudah menyerah. dia tidak peduli apa yang dilakukannya diperhatikan orang atau tidak, nga' ada hitung-hitungan untung atau rugi, ada pengharaan atau tidak yang ada di fikirannya adalah konsep LILLAHI TA ALLA. tujuannya meraih ridha Allah, tak ada frustasi dalam hidupnnya, nga' ada kata putus asa. dalam diri orang yang ihklas hanya ada dua cara yaitu meluruskan niat dan menyempurnakan ikhtiar.  

Semua yang dijalani dengan ikhlas niscaya Allah akan memberikan yang terbaik, bagi orang yang ikhlas, selama sudah berusaha dengan sekuat tenaga, maka apa yang dilakukannya hanya mengharap ridha Allah, dia nga' akan kecewa dengan apa yang terjadi meskipun hal terburuk sekalipun. apa pun hasilnya dia yakin bahwa itu adalah yang terbaik yang Allah berikan.

Semoga Allah menjadikan kita orang-orang yang Sabar dan Ihklas

Wassalam,

nr

Tidak ada komentar: