07 November 2007

Buku yang berkesan bulan ini


Minggu ini aku mendapatkan kiriman buku Lasakar Pelangi dari Atien, tadinya aku sudah mau beli, nitip ke Sigit yang mau ke Kwitang tapi setelah dia minta aku jangan beli dulu, ya sud........

Hari Minggu 4 November yang lalu aku tuntaskan buku itu, satu harian penuh aku khususkan untuk membaca Laskar Pelangi sampai tuntas dan Luar biasa................, benar-benar buku yang sepatutnya aku baca.

Dari buku itu aku dapat berjuta kesimpulan dari semagat, religius,motivasi, persahabatan, hingga rasa kemanusiaan. Mereka para Laskar Pelangi tidak pernah patah harapan untuk sekolah, yang paling membuat aku terharu adalah Sosok Lintang....

Penuh dengan keterbatasan, dia harus sekolah dengan mengayuh sepeda sejauh lebih dari 8 kilo melewati rawa yang banyak buayanya, dan pernah satu kejadian dia dikarenakan rantai sepedahnya yang putus dia nekat masuk sekolah meskipun hanya kebagian  bait terakhir Padamu Negeri...... setelah itu pulang.

Yang luar biasa adalaha Lintang yang mampu pertanyaan seorang Guru dari sekolah PN Timah yang notabene adalah pertanyaan setaraf mata kuliah S-2 dengan tepat.

Namun akhir yang menyedikhan Lintang harus DO empat bulan sebelum Ujian SMP karena Ayahnya meninggal, dia harus menjadi tulang punggung keluarga sayang...

Kalau Atien bilang jika ia bertemu Lintang ia akan memberinya beasiswa agar dia bisa sekolah lebih tinggi lagi dan mengembangkan Ilmu yang dia punya, nah kalau aku...... aku akan memintanya menjadi Guru Privatku agar bisa ketularan pinter... he..he..he...

Selain itu semangat Ikal yang termotivasi oleh Lintang hingga ia mendapat Beasiswa dari uni Eropa kuliah di Prancis merupakan satu kisah yang menarik juga. dan banyak lagi kesimpulan yang susah untuk ditulis di blog ini deh....

Pokoknya benar kata Atien.... Buku yang harus dibaca !!!

Thanks ya Tien, atas bukunya....

Tidak ada komentar: