09 Oktober 2007

Ilmu dari sebuah lagu....


Awalnya saya hanya tertarik pada komposisi lagu"tombo ati". versi Gita Gutawa yang judulnya Jalan Lurus, namun setelah beberapa kali aku dengar lagu yang liriknya ditulis ulang oleh penyair Taufiq Ismail itu ternyata sarat dengan kunci hidup yang "Husnul Hatimah". Ciri khas Taufiq Ismail sangat terasa pada lagu tersebut. Sama seperti lagu "Ketika Tangan dan Kaki Berkata" yang dinyanyikan Alm. Chrisye. Lagu ini sejenak membua kita merenung apa saja yang telah kita lakukan selama ini sesuai dengan tuntunan Al Qur'an dan Hadist.

Dalam lirik lagu tersebut kita dingatkan bahwa kunci kehidupan yang Husnul Hatimah  itu :
  1. Pegang teguh ke- Esaan Allah, tidak ada tuhan selain Dia, jangan mengharap selain kepada Nya.
  2. Ikuti Ajaran Rasullulah SAW, dia Imam Besar dalam kehidupan kita. Jika TNI punya Panglima Besar yang meskipun sudah meniggal tetapi ajaran-ajaranya masih menjadi tuntunan para Tentara. Kita lebih dari itu. Umat islam memiliki, seorang pemimpin sekaligus panutan bagi seluruh umat sampai akhir jaman. Segala perilaku beliau sangat terjaga dan sangat pantas kita tiru. Jadikanlah Rasul SAW panutan kita.  
  3. Cintai orang tua kita, mereka yang membesarkan dan mendidik kita dengan penuh kasih sayang, sehingga kita bisa menjadi seperti sekarang ini.
  4. Cintai guru kita. Guru kita yang membagi ilmu yang dia miliki ke kita, kita bisa jadi seorang karyawan, manager, direktur bahkan CEO sekalipun berkat jasa seorang guru, guru yang membuat kita bisa membaca dan tau  berhitung kalau 1+1 =2.
  5. Cintai Tanah Air kita, Allah memganugrahkan kita negara yang subur & luas. Mari kita bangun tanah air kita demi kemaslahatan umat, jadikan lingkungan kita lingkungan yang madani, jadikan negara kita ini Madinah kecil, yang masyaraktnya dapat hidup nyaman dan tentram.
  6. Dirikanlah Shalat. Shalat itu tiang Agama. Sebuah rumah tanpa tiang, maka ambruklah rumah itu. Islam tanpa Shalat maka ambruklah keIslaman kita.
  7. Baca & Amalkan Al Quran, Quran adalah satu-satunya buku yang terlengkap mengalahkan Ensiklopedia. Semua ilmu ada di dalam Al Quran. Pahami qur'an implementasikan dalam  hidup kita, jadikan qur'an sebuah buku petunjuk yang terlengkap dalam menjalani kehidupan untuk kebahagiaan dunia dan akhirat.
  8. Sedekah, Ingat disebagian harta kita ada hak kaum dhuafa, "Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapatkan bagian (tidak meminta-minta)." (Qs. Adz Dzaariyaat : 19) sisihkan rezeki kita dengan ihklas tanpa perlu hitung-hitungan pahala dengan Allah SWT sesuai kemapuan kita. Sesusah-susahnya kita masih ada orang yang lebih susah dari kita . Ingat "diatas langit masih ada langit."
  9. Rasa Ikhlas, ini yang bagi saya sendiri paling susah, Seorang yang muhlisin, merupakan predikat yang lebih berharga dari title Profesor sekalipun. Ilmu Ihklas itu sebenarnya ada pada kehidupan keseharian kita dan ada pada diri kita.
  10. Senyumlah, dengan senyum niscaya akan indah hidup ini. O iya senyum itu ibadah yang paling murah meriah.....
Itulah satu Ilmu yang saya dapat dari sebuah lagu.... Maha besar Allah ilmunya ada dimana-mana ..........


thanks to atien yang sudah bantu kasih beberapa masukkan untuk aku
jangan bosan-bosan ya... : )

Tidak ada komentar: